Al-Ashlu Fi Al-Asya’ Al-Ibahah; Salah satu wujud kasih sayang Allah.

 Oleh: Geys Abdurrahman Assegaf Lc.

عن أبي ثعلبة الخشني رضي الله عنه ، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ، قال : إن الله فرض فرائض ، فلا تضيعوها ، وحد حدودا فلا تعتدوها ، وحرم أشياء ، فلا تنتهكوها ، وسكت عن أشياء رحمة لكم غير نسيان ، فلا تبحثوا عنها . حديث حسن ، رواه الدارقطني وغيره .

Sebagian golongan mu’tazilah, Ibnu Hamid dan Qadhi Abu ya’la dari golongan hanabilah berpendapat semua hal asalnya adalah haram. Sebagian asy’ariyah dari kalangan ahli hadist, seperti abul hasan al-khurzy dan dari golongan waqifiyah (yang tidak mengambil pendapat saat ta’arudh al-nushus terjadi) berpendapat bahwasannya harus imsak daripada mengeluarkan hukum kecuali sudah jelas yang mana yang benar, apakah ada ketentuan hukumnya atau tidak?

Sedangkan yang menjadi pendapat jumhur hanafiyah, syafiiyah, dzahiriyah, sebagian hanabilah, serta Abul hasyim dan Al-Haba’i dari mu’tazilah berpendapat bahwasannya al-ashlu fil asyaa’ al ibahah, dengan dalil diatas sebagai salah satu (dari banyak sekali dalil baik dalam tinjauan disiplin ilmu fikih maupun ilmu kalam) yang menjadi acuan mereka.

“Sesungguhnya Allah swt telah menetapkan beberapa fardhu dan janganlah kamu sia-siakan. Dan dia juga telah menetapkan batasan dan janganlah kamu lampaui. Dia juga telah mengharamkan beberapa hal maka janganlah kamu langgar. Dan Dia tidak menjelaskan beberapa hal karena rahmat-Nya kepada kamu yang bukanlah sebab kelupaan-Nya. Maka janganlah kamu persoalkan lagi itu.” Riwayat imam daruquthni, hassanahu Al-Nawawi ra

Semoga Allah swt selalu memberikan Taufiq dan Hidayah-Nya kepada kita semua. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s