Adam dan Hawa

Oleh: Geys Abdurrahman Assegaf Lc.

Bapak manusia tergoda oleh bujukan hawa untuk memakan buah dari pohon khuldi. Hawa tergoda oleh iblis (menurut ahli kitab adalah seekor ular yang memiliki bentuk besar dan indah) untuk membujuk adam sebagaimana disabdakan Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tentang bani israil dan al-manna wa al-salwa yang membusuk, dan juga jika bukan karena hawa membujuk adam untuk memakan buah yang dilarang, maka wanita tidak akan pernah menghianati suaminya.

” لولا بنو إسرائيل لم يخنز اللحم، ولولا حواء لم تخن أنثى زوجها الدهر أبدا ”

Maka selamanya wanita adalah senjata yang paling dahsyat untuk memalingkan keteguhan laki-laki dari jalan Allah. Walaupun pastinya tidak semua wanita seperti itu. Hikmah lainnya adalah manusia tidak bisa serta merta menyalahkan iblis dan syaithan jika dia berbuat dosa. Dan begitu lihainya Iblis beserta keturunannya, sehingga dia membujuk hawa terlebih dahulu, lalu hawa membujuk adam dimana yang pertama adalah tulang rusuk paling atas laki-laki yang paling bengkok, yang kedua adalah laki-laki yang diberikan pasangan untuk ketenangan dirinya (Al-sukun Ilayha).

Sebenarnya nama buah/pohon tersebut bukan khuldi, bahkan para ulama tidak ada yang mengetahui nama sebenarnya dari pohon itu . Para sahabat, tabi’in dan ulama semisal ibnu abbas, ibnu mas’ud, sa’id bin jubair, Muhammad bin qays, Hasan al-bashri, wahhab bin munabbih, Ats-tsauri, qatadah, ibnu juraij dst berbeda pendapat antara anggur, gandum, kurma. Namun yang unik wahhab bin munabbih mengatakan bahwa buahnya itu lebih lembut dari keju, dan rasanya lebih manis dari madu.

Namun apapun itu, sejatinya keberuntungan dan keberkahan bagi laki-laki adalah 2 orang wanita yang dianugrahkan Allah swt padanya; ibu yang shalihah, dan pendamping hidup yang shalihah. semoga kita, keluarga, dan keturunan kita terhindar dari fitnah wanita, dan dianugrahkan 2 wanita terbaik dalam hidup kita menurut kacamata syari’at. Amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s